Hate Speech Sebagai Bisnis Sosial Media Mudah dan Menguntungkan

27 February 2016 12:41:51

Hate Speech Sebagai Bisnis Sosial Media Mudah dan Menguntungkan

Bisnis dengan modal nol perak, tapi bisa dapet untung besar ada nggak sih? Ada banget dan lagi ngetren sekarang.. Namanya bisnis E-Hate Speech (Kata-kata kebencian).. Sadar nggak sadar, kita pun sering berpartisipasi menguntungkan pebisnis E-Hate Speech ini di sosial media kita lho.. Ga percaya? 

Sebelum lebih jauh, kita coba kenalan dulu dengan bisnis E-Hate Speech.. Bisnis E-Hate Speech adalah bisnis sederhana yang kerjaannya cuma menyebarkan kebencian pada suatu kelompok / etnis / agama tertentu di sosial media yang tujuan utamanya sebenernya adalah mencari Like, Share, Followers, dan Viral sebanyak mungkin.. Sebagai info kita aja, akun sosial media seperti Facebook yang punya like, share, dan followers yang banyak itu harganya mahal lho~ 

Kalo dipikir-pikir, cara kerja E-Hate Speech ini lumayan juga sih,, mereka memanfaatkan sifat kita yang mudah emosi sebagai bahan keuntungan mereka.. Gampang aja kan, tinggal bikin postingan yang menyinggung SARA, terus kasi kata-kata dikit "MOHON DISEBARKAN, ...", "JANGAN TINGGAL DIAM, SEBARKAN BIAR SEMUA ORANG TAHU", dsb..Abis itu yang baca postingan tanpa mikir panjang pun langsung klik Like, terus dishare deh.. Psikologisnya, orang yang ngeshare bakal mengira dirinya berpartisipasi menyelamatkan dunia, padahal sedang membantu menyebar kebencian ke teman-temannya, sekaligus membantu mempertebal kantong si pemilik bisnis Hate Speech tersebut.. Ckckck..

Sedikit tips dari ane deh, sekalian masukan tentang bagaimana kita menanggapi E-Hate Speech yang pasti selalu ada di sosmed kita : 

  1. Jangan mudah emosi~ di dunia maya kita kita mesti SELOW,, Sekalipun ada kalimat-kalimat yang bikin tangan kita gatel pengen membalas, like, maupun share,, sebaiknya ditahan demi kebaikan kalian sendiri dan teman-teman sosmed kalian.. Serius deh..
  2. Hati-hati dengan postingan yang udah menyinggung SARA (Suku, Ras, Agama, Antargolongan).. Pilihannya cuma 2, block / laporkan postingan yang bersangkutan, atau abaikan.. Menanggapi postingan hate speech yang menyinggung SARA itu nggak bakal ada habisnya kalau diladenin, beneran..
  3. Kalau postingan Hate Speechnya ada gambar, coba gambarnya disimpen dulu, abis itu buka Google Images (http://images.google.com).. Terus drag gambar yang barusan disimpen ke kotak pencariannya.. Kalau udah, pastikan kebenaran gambar tersebut dengan lihat berita yang terkait dengan gambar tersebut.. Biasanya, pebisnis E-Hate Speech itu make gambar-gambar lama, terus dibuatin cerita (khayalan sih biasanya) seolah-olah baru terjadi dan ujung-ujungnya minta Like dan Sharenya dari kita.. Ngelike dan ngeshare beginian artinya sih cuma kita kurang cerdas memanfaatkan IT aja kok..

 

Jadi kesimpulannya ya gitu.. Jempol dan Share yang kita kasi itu nggak se-priceless yang kita kira.. Ternyata itu bisa dimanfaatin orang-orang kampret di bisnis E-Hate Speechnya untuk keuntungan pribadinya sendiri.. Jadi, masih mau kemakan dan ngeshare postingan Hate Speech sembarangan? Sebaiknya jangan deh.. Daripada ngeshare postingan Hate Speech yang bisanya cuma menyebarkan kebencian, mendingan share postingan gw aja deh biar bisa membuka pikiran orang-orang yang masih suka berpartisipasi dan menanggapi postingan Hate Speech~ Wkwkwk.. Salam damai.. :D

0
0
SHARE

Contact Me