Key Performance Index System for HRD

12 April 2018 22:21:25

Key Performance Index System for HRD

Sangat penting mengevaluasi kinerja karyawan dalam perusahaan. Tujuannya adalah agar kita dapat memahami perkembangan karyawan dari waktu ke waktu, sehingga data kinerja karyawan ini dapat menjadi alat bantu untuk menentukan promosi atau demosinya. 

Salah satu metode evaluasi karyawan yang dapat digunakan dengan mudah adalah KPI (Key Performance Index). Cara kerjanya adalah, kita merancang kunci-kunci penilaian apa saja yang dapat dievaluasi sesuai dengan divisi atau bidang kerjanya. Masing-masing kunci penilaian dapat diberikan bobot nilai yang berbeda-beda tergantung tingkat kepentingan yang dibutuhkan.

Untuk menjawab kebutuhan ini, kami menyediakan sebuah sistem yang dapat membantu merekap data karyawan sesuai divisi dan jabatannya, merancang KPI sesuai divisi dan jabatan yang dapat dipisah, merekap penilaian masing-masing karyawan per bulannya, dan juga membuat laporan penilaian yang membantu pengambilan keputusan. 

 

Sistem ini dibagi menjadi 2 halaman utama yaitu halaman Administrator dan halaman Penilai. Halaman Administrator adalah halaman utama dimana pengguna menginput seluruh data yang dibutuhkan sistem ini dimulai dari data karyawan, data divisi, data jabatan, data grup KPI, dan data item KPI. Pada halaman Administrator, pengguna juga dapat memberi nilai langsung ke karyawan melalui akun penilai apa saja, tapi jika penilaian ingin diberikan langsung oleh penilai maka sistem ini juga menyediakan halaman utama Penilai untuk memberikan penilaian kepada karyawan yang sesuai dengan divisi yang dipegangnya. (akan lebih dijelaskan di penjabaran di bawah)

 

Quick Demo : 

Halaman Administrator
https://score.tianrosandhy.com/admin 
email : demo@tianrosandhy.com
pass : demo123
Halaman Penilai
https://score.tianrosandhy.com
username : demopenilai
password : demo123

 

Berikut ini adalah tampilan Sistem Penilaian Karyawan :

 

A. Halaman Administrator

1. Log In Screen

Halaman ini adalah halaman utama sistem dimana pengguna sebagai Administrator diharuskan memasukkan credential yang diperlukan untuk mengakses lebih lanjut. 

Login KPI Admin

 

2. Dashboard Menu

Halaman ini akan muncul setelah pengguna login. Berisi data ringkas jumlah karyawan, divisi, dan system user.

Dashboard Menu KPI

 

3. Master Data

Pada menu ini kita dapat mengatur data-data master yang dibutuhkan sistem ini secara garis besar, yaitu data karyawan, divisi, dan jabatan. Sebelum mengisi data master karyawan, kita sudah harus mengisi data master divisi dan jabatan terlebih dahulu. Tujuannya adalah karena data master karyawan membutuhkan inputan divisi dan jabatan yang tersedia untuk diregister.

Data Karyawan KPI

Apabila NIK / nama karyawan diklik, maka kita dapat melihat informasi lebih detail mengenai karyawan yang bersangkutan, beserta record rekap skornya. 

Detail Karyawan KPI

 

4. KPI Management Menu

Pada menu ini terdapat 2 bagian utama yaitu KPI Group dan KPI Item. Pada submenu KPI Group kita mendaftarkan nama grup KPI yang akan dibutuhkan sistem, dimana kita dapat mengatur grup KPI ini apakah berlaku untuk seluruh karyawan, atau hanya untuk divisi tertentu, ataukah hanya berlaku untuk jabatan tertentu. 

KPI Group

Sebagai contoh, saya membuat KPI Group "General" yang berlaku untuk semua divisi dan semua jabatan, juga saya membuat KPI Group "Computer Skill KPI" yang hanya berlaku untuk divisi A. Jumlah KPI Group yang dapat dibuat jumlahnya tidak terbatas, tergantung kebutuhan yang diperlukan pada perusahaan. 

KPI Group Insert

Apabila group KPI ingin berlaku secara global, maka di halaman input Group KPI kita tidak perlu mengisi kolom "Untuk Divisi" dan kolom "Untuk Jabatan".

 

Setelah Group KPI selesai dibuat, kita dapat mengisi item-item penilaian untuk masing-masing grup yang sudah dibuat. Dalam mengisi KPI Item, kita perlu menentukan parameter / judul statement item penilaian, bobot dalam bentuk angka, dan threshold atau ambang batas penilaian yang tersedia. 

KPI Item

Misalkan kita membuat sebuah item KPI untuk grup "Computer Skill KPI", lalu kita memberi judul parameter "Bahasa Pemrograman yang Dikuasai", lalu bobotnya kita isi dengan nilai 30, dan threshold minimum 0, dan maximum 10. Dengan threshold tersebut, maka nilai yang memungkinkan untuk dipilih nantinya adalah 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9 dan 10. Apabila threshold yang diingkan 0-100, maka penilaian yang memungkinkan juga demikian.

KPI Item Fill

 

5. Menu Penilai

Dalam menu ini, kita dapat memanage siapa saja entitas penilai untuk divisi-divisi yang ada. Satu penilai dapat memberikan penilaian untuk karyawan pada satu atau banyak divisi. Dalam membuat akun penilai kita dapat memilih apakah penilai ini nantinya dapat login (ke halaman khusus diluar administrator) untuk memberi nilai atau tidak.

Akun Penilai

Log in penilai sifatnya optional karena penilaian dapat diberikan secara langsung oleh Admin utama, maupun diberikan oleh penilai melalui halaman khusus nantinya.

Akun Penilai Fill In

 

6. Menu Score Fill-In

Apabila Administrator ingin mendaftarkan data penilaian pada karyawan langsung (tanpa melalui log in penilai), Administrator dapat mengisi nilai karyawan melalui halaman ini. Caranya adalah pertama-tama dengan memilih bulan dan tahun periode penilaian yang diinginkan, lalu menekan tombol Fill Score sesuai dengan nama karyawan dan nama penilai yang diinginkan, lalu mengisi nilai sesuai dengan yang diinginkan.

Score Fill IN

 

7. Report

Terdapat 2 laporan umum yang diberikan sistem di menu ini, yaitu Global Report Data untuk merekap hasil penilaian seluruh karyawan dari seluruh penilai dalam range periode tertentu, dan juga Best Performance Report untuk merekap hasil penilaian yang sudah diringkas dan diurutkan berdasarkan performa tertinggi. Nilai performa ditentukan melalui persentase skornya. 

Best Performance Report

 

B. Halaman Penilai

Halaman ini adalah halaman utama untuk penilai yang didaftarkan Administrator apabila ditandai sebagai "can login". Username dan password diinput di menu penilai di halaman utama Administrator.

1. Log In Screen

Log In Penilai

 

2. Dashboard

Pada menu ini, penilai dapat melihat ringkasan divisi apa saja yang dimilikinya, dan jumlah karyawan yang dapat diberikan nilai olehnya. Di bagian bawahnya juga penilai dapat melihat grafik perkembangan skor karyawan pada periode tahun tertentu. 

Dashboard Penilai

 

3. Menu Data Karyawan

Sama seperti menu master data karyawan di Administrator, bedanya di halaman penilai hanya dilakukan list data saja tanpa akses untuk menambah, mengubah dan menghapus data karyawan.

Data Karyawan Penilai

 

4. Menu Manage Score

Sama seperti menu score fill in di Administrator, bedanya adalah list karyawan yang muncul di bagian ini hanyalah karyawan pada divisi yang sama dengan penilai yang bersangkutan. 

Score Fill IN Penilai

Data penilaian yang diisi penilai di halaman ini akan otomatis terrekap juga di halaman Administrator, sehingga apabila halaman Penilai ini digunakan, seluruh data laporan yang muncul di Administrator tetap sama dan selalu terupdate.

 

 

Demikian ringkasan sistem yang dapat dijelaskan, apabila ingin melihat demonya secara langsung dapat mengaksesnya di : 

Halaman Administrator
https://score.tianrosandhy.com/admin
email : demo@tianrosandhy.com
pass : demo123

Halaman Penilai
https://score.tianrosandhy.com
username : demopenilai
password : demo123

 

Jika berminat untuk memesan, atau bertanya lebih lanjut silakan menghubungi melalui kontak dibawah. Terima kasih.. :)

0
0
SHARE

Contact Me