Tutorial Langkah Instalasi Framework PHP Laravel 5.5

26 January 2018 09:56:15

Tutorial Langkah Instalasi Framework PHP Laravel 5.5

Laravel dikenal sebagai salah satu framework yang sangat populer di kalangan pengguna PHP. Kenapa sangat populer? Karena Laravel membantu pembuatan projek yang rapi, cepat, dan memiliki module/fitur yang sangat lengkap. Saya sendiri sebenarnya pengguna CodeIgniter yang sudah cukup lama, tapi baru-baru ini entah kenapa saya tiba-tiba jatuh hati menggunakan Laravel. Mungkin grafik dibawah ini bisa cukup menjelaskan kepopuleran Laravel yang dialami tidak hanya oleh saya

Untuk menggunakan Laravel, kita harus menginstal dulu software dependency management yang bernama Composer yang bisa didownload di https://getcomposer.org/download/. Composer ini adalah aplikasi yang kita jalankan dalam bentuk command, gunanya adalah untuk menginstal, dan memanage file-file yang diperlukan agar kita dapat bekerja dengan mudah. 

Setelah composer diinstal, sekarang kita baru bisa menginstal laravel di server lokal kita. Pastikan kita memiliki koneksi internet, lalu buka command prompt / terminal pada direktori www/htdocs di lokal kita. Perintah yang digunakan untuk menginstal laravel adalah : 

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel latihan

nama "latihan" tersebut dapat disesuaikan dengan nama direktori/projek yang kita inginkan. Kalau dijalankan, maka composer akan menginstal Laravel beserta dependency-dependency lainnya. Kita hanya perlu menunggu hingga selesai.

Setelah instalasi selesai, kita bisa memeriksa apakah Laravel sudah berjalan atau belum, caranya adalah dengan menjalankan perintah :

php artisan serve

Perintah php artisan serve tersebut adalah perintah yang wajib diaktifkan jika kita ingin menjalankan projek tersebut, termasuk kedepannya juga. Kalau sudah ada keterangan "Laravel development server started : <http://127.0.0.1:8000>", maka projek tersebut dapat kita lihat di browser melalui alamat : http://127.0.0.1:8000, ataupun http://localhost:8000.

 

Sampai disini instalasi sudah selesai, dan Laravel sudah siap untuk digunakan.. Untuk menutup virtual server artisan serve, tekan Ctrl + C pada command prompt, dan dengan demikian server projek tersebut sudah berhasil diberhentikan.

 

Demikian langkah instalasi Laravel, dan pada post selanjutnya kita akan melangkah sedikit pada fitur-fitur dasar Laravel yang sangat powerful. 

0
1
SHARE

Contact Me