Coding jauh lebih cepat dengan tools Sublime Text satu ini!

09 May 2018 12:27:30

Coding jauh lebih cepat dengan tools Sublime Text satu ini!

Bagian yang sama itu misalnya untuk yang menggunakan framework pasti harus membuat struktur class di setiap file yang dibuatnya. Dan kalau diperhatikan, struktur class yang kita buat itu sebenarnya cuma gitu-gitu aja. "Ah, paling bikin struktur dasar begituan ga nyampe 3 menit.." Iya kalau cuma 1 file, lah kalau ada 10, artinya kita udah buang waktu hampir 30 menit cuma untuk bikin struktur file dong?

Melihat masalah ini, web programmer yang menggunakan framework Laravel masih bisa sedikit mengelak, "Tenang, di Laravel itu ada command artisan. Jadi dengan mengetikkan perintah tertentu, maka otomatis struktur file yang kita inginkan akan langsung dibuat".

command artisan

Oke, satu sisi itu benar.. Tapi sayangnya command artisan masih punya beberapa kelemahan : 

  1. File yang dibuat lokasinya sudah ditentukan secara default. Misal : php make:controller xxx hanya akan membuat controller di folder app/Http/Controllers. Bagaimana kalau kita mau buat controller di direktori lain seperti di folder module/src/Article/Http/Controller? 
  2. Command artisan sulit untuk dicustom. Jadi kalau kita nggak mau pakai struktur dasar yang disediakan Laravel, artinya kita ujung-ujungnya harus ngecustom lagi deh. Sama aja kerja 2x~

 

Karena itu, kali ini aku ingin membagikan tools salah satu text editor terkenal yaitu Sublime Text yang akan sangat membantu dalam hal ini yaitu SnippetMaker. SnippetMaker ini membantu kita membuat sebuah bagian coding yang akan sering kita ulang-ulang dengan trigger sebuah perintah tertentu yang langsung diinput di text editor yang bersangkutan. Buatku sih, pakai tools ini jauh lebih enak daripada artisan make..

Untuk instalasinya, buka Sublime Text di menu Preference -> Package Control, lalu pilih Install Package.

instalasi snippetmaker

Jika sudah muncul pilihan package-packagenya, ketik SnippetMaker, lalu klik untuk menginstallnya. Tunggu beberapa saat sampai package tersebut terinstall di Sublime..

Jika sudah terinstall, sekarang siapkan file contoh kosongan yang nantinya akan menjadi hasil kalau kita mengetik perintah. Misalnya dalam hal ini saya mau membuat snippet untuk membuat controller, jadi saya siapkan struktur file dasar controller yang saya inginkan. Kalau struktur dasarnya sudah siap, langsung blok potongan code tersebut untuk membuat snippet. 

prepare snippet

Jika sudah diblok, sekarang kita ke menu Tools -> Snippets. Setelah itu scroll sampai kita menemukan SnippetMaker : Make Snippet. 

make snippet

Setelah itu kita akan diminta untuk membuat sebuah trigger. Trigger adalah perintah pendek yang apabila nanti kita mengetiknya, maka potongan code yang diblok tadi akan otomatis dibuat. Sebagai contoh saya menggunakan nama trigger "makecontroller". Lalu tekan Enter untuk lanjut..

trigger make controller

Untuk bagian deskripsi sih bebas, buat aja deskripsi yang menjelaskan snippet ini. Klik enter lagi
description

Selanjutnya di bagian scope dan filename mungkin bisa diabaikan (tekan Enter aja terus). 

scope

snippet name

Setelah itu, maka jadilah sebuah file konfigurasi snippet yang sudah siap digunakan.

contoh file snippet

Perlu diperhatikan di bagian ini, karena package tersebut menggunakan CDATA, kita harus mengescape beberapa simbol-simbol khusus seperti tanda $. Jadi kalau di snippet bikinan kita ada sintaks $, maka harus diescape dulu jadi \$ baru deh disimpan. Kalau tidak , nanti variabel tsb akan diabaikan saat dijalankan.

escaping dollar sign

Kalau sudah selesai, maka mulai sekarang ketika kita mengetik trigger yang sudah kita buat tadi lalu menekan Tab, maka otomatis deh potongan code yang sudah didefinisikan tadi akan langsung jadi.  

contoh penerapan

Btw hal ini bisa kita terapkan juga untuk membuat model, trait, migrate, provider, dsb.. Dan ga terbatas cuma di laravel, tools ini bisa diterapkan di framework apa saja sesuai kebutuhan. Gimana, apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

0
5
SHARE

Contact Me