Mengenal Git : Sistem Version Control penyelamat Programmer

Category : Programming - 16 January 2018 10:05:22
Mengenal Git : Sistem Version Control penyelamat Programmer

Berapa banyak dari kita yang pernah mengacaukan projeknya yang setengah jadi, atau bahkan sudah jadi dengan tidak sengaja menghapus, tidak sengaja mengubah, atau tidak sengaja yang lainnya? Berapa banyak dari kita yang bingung untuk mengingat updatean apa saja yang pernah kita lakukan pada program kita? Berapa banyak dari kita yang membuang waktu dengan copy paste file dari local ke website setiap ada bug / perubahan? Hal-hal semacam itu sudah nggak akan kita temui lagi kalau kita mulai bekerja memanfaatkan sistem version control. 

Version control yang paling umum digunakan saat ini adalah Git. Git merupakan aplikasi version control yang mencatat setiap perubahan pada projek kita sehingga kita dapat dengan mudah kembali ke versi lawas, langsung menuju versi terbaru, membuat versi cabang tambahan, melihat perubahan apa saja yang pernah kita lakukan pada sebuah file, dan sebagainya. Sangat powerful bukan? 

Ada banyak aplikasi Git yang beredar, mulai dari yang berbentuk command (aplikasi hitam putih yang harus ngafalin script), dan ada juga yang berbasis GUI seperti SourceTree. Silakan download Source Tree di website resminya, karena aplikasi ini gratis.. Untuk cara install nggak ada yang spesial, standar aja sih cuma next-next aja..

Kalau kita ingin supaya file kita disimpan di cloud sehingga bisa kita akses kapan saja dan dimana saja, kita juga perlu membuat akun remote untuk menyimpan file kita (repository). Ada banyak remote server untuk git yang tersedia yang bisa kita gunakan dengan mudah, yang paling mudah dan terkenal misalnya seperti Github dan Bitbucket.

Yang membedakan keduanya hanyalah Github lebih cocok jika kita ingin membuat repository public yang dapat diakses siapapun, dan Bitbucket lebih cocok jika kita membuat repository yang bersifat private alias hanya orang-orang tertentu saja yang boleh mengaksesnya. Untungnya kedua-duanya ini sama-sama gratis kok.. Kalau belum punya akunnya, nggak ada salahnya buat dulu supaya kedepannya bisa mudah digunakan.

Di post selanjutnya nanti kita akan belajar lebih spesifik lagi dalam memanfaatkan Git menggunakan SourceTree dan Bitbucket.

Post Your Comment Here